Find us on Google+

Pages

Friday, December 5, 2014

TROUBLE SHOTING CPU BAGIAN 3

1.       Tidak booting

Permasalahan selanjutnya yang sering terjadi pada CPU kita adalah tidak booting, atau tidak bias masuk ke system operasi.

Permasalahan pada CPU memang terkadang banyak kesamaan antara satu dengan yang lain. Terkadang masalah yang sama namun penyelesaianya berbeda. Seperti misalnya ketika  mati total, bias  karena power supply atau Main Boardnya. Begitupun dengan permasalahan CPU yang Tidak bias Booting. Bias di sebabkan oleh beberapa factor. Berikut cirri-ciri serta cara penyelesaian  masalah cpu yang tidak mau booting.
1.       Restart saat mau masuk Wellcome
Penyebab dari kerusakan ini biasanya ada beberapa kemungkinan yakni pada hardisk, RAM, System operasi, atau hanya pengaturan biosnya saja.
·         Hardisk. Ada kemkungkinan penyebab dari Restart di atas bisa juga karena hardisk nya yang sudah bad sector. Untuk mengatasi ini coba anda lakukan Check disk. Cekdisk bisa dilakukan dengan memasang hardisk yang eror ke CPU yang normal sebagai data. Atau amda bisa menggunakan media Live CD, seperti Hyren. Caranya yakni. Anda masuk ke CMD dan masukan perintah “chkdsk /f c:” ( buang tanda petik)
·         RAM. Bisa juga kerusakan terjadi karena RAM yang sudah bermasalah. Coba anda bersihkan terlebih dahulu dengan menggunak penghapus atau tisu. Atau jika ada coba anda ganti RAM dengan yang lain
·         System operasi. Bukannya tidak mungkin kerusakan terjadi pada system operasi. Jika hal ini terjadi maka jalan satu-satunya yakni dengan cara di install ulang system operasi  yang baru.
·         Kesalahan Seting BIOS. Coba anda lihat setingan pada bios anda. Apakah sudah ke mode AHCI atau IDE. Jika IDE coba anda ganti menjadi AHCI

2.       Hang saat Muncul Logo Windows
Jika terjadi kerusakan seperti ini pada computer anda coba anda ganti RAM dengan yang baru. Karena seringnya terjadi karena kerusakan pada RAM. atau bisa juga kerusakan ini terjadi karena salah seting BIOS. Seperti pada panduan nomor 1

3.       Muncul pesan error “ntldr is missing”
Jika pesan eror ini yang anda dapati ketika baru menyalakan computer anda, maka kemungkinan windows anda bermasalah. Atau terlebih dahulu anda cekdisk hardisk anda. 2 kemungkinan ini yang menyebabkan kerusakan itu.

4.       Muncul pesan error” DISK BOOT FAILURE INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER”
Pesan error ini muncul karena Hardisk tidak terdeteksi oleh system. Maka yang harus anda lakukan adalah coba kencangkan kabel penghubung. Jika sudah dilakukan coba anda ganti power supply anda, karena bisa jadi sumper permasalahan itu ada pada kurangnya catu daya dari power supply anda. Namun jika masih berlanjut error yang demikian, bisa di pastikan Hard disk anda harus dig anti dengan yang baru.

Sekian penjelasan tentang trouble shoting CPU, semoga dapat membantu anda. Selamat mencoba
Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 1:28 PM

0 comments:

Post a Comment

thanks for visit

VIVA