Find us on Google+

Pages

Saturday, December 6, 2014

PERANGKAT KOMPUTER - POWER SUPPLY

1.      Power supply

Power supply merupakan perangkat computer yang berfungsi sebagai catu daya. Artinya sebagai sumber tenaga bagi perangkat-perangkat lain yang memang membutuhkan power listrik. Diantaranya yakni mainboard, hardisk, cd rom, VGA juga terkadang ada yang memerlukan Power dari power supply.

Dalam perkembanganya power supply mengalami peningkatan seiring dengan kebutuhan akan tenaga pada perangkat computer. Berbagai jenis power supply telah dibuat guna menunjang kinerja computer.
 
Power supply
Menurut perkembanganya power supply terdiri dari beberapa jenis
·         Power supply AT
Power supply jenis ini biasanya di peruntukan pada cpu jaman dulu seperti pentian II dan Pentium III, namun untuk Pentium III biasanya juga sudah tidak menggunakan power supply tipe AT ini. Karena cepatnya perkembangan tekhnologi di sekitar kita. Power supply jenis ini sudah jarang sekali di temukan bersamaan dengan semakin hilangnya computer Pentium II

Ciri-ciri lain untuk power supply jenis ini yakni :
ü  Tombol power tidak otomatis ( seperti tombol pada komponen elektronik)
ü  Jika di shutdown maka cpu tidak langsung mati. Tapi harus tekan tombol power kembali

·         Pwer Supply ATX
Lain halnya dengan Power Supply jenis AT, power Supply ATX ini masih bisa kita lihat, meskipun tidak terlalu banyak. Namun juga cukup sulit untuk bisa melihatnya. Namun demikian bentuk dari power supply ini hamper mirip seperti jenis power supply yang saat ini beredar. Hanya saja terdapat pada port 4 pin. Power supply ATX hanya berisikan port 20 pin saja. Power supply ini biasanya digunakan untuk Cpu PIII, atau P4 keluaran awal. Karena ada juga CPU P4 yang mengugunakan power supply jenis BTX

·         Power supply BTX
Power Supply jenis ini merupakan power supply yang sekarang masih kita gunakan. Biasanya power supply jenis ini ada port 20+4 pin dan juga port 4 pin. Jika kita melihat cpu yang berprosesor dual core atau core 2 duo maka hamper bisa di pastikan menggunakan power supply jenis ini.
 
Power Sata

Power ATA

4 Pin 12 V
20 + Pin power Mother board




Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 3:42 PM

0 comments:

Post a Comment

thanks for visit

VIVA