Find us on Google+

Pages

Saturday, February 7, 2015

MACAM-MACAM EXTENSION FILE DAN APLIKASI PEMBUKANYA

Di zaman yang serba komputer ini, hampir semua pekerjaan bisa dilakukan dengan komputer. Dengan semakin banyaknya kegunaan komputer membuat kita harus menggunakan bermacam-macam aplikasi yang bisa kita gunakan.Kita pasti akan menemukan banyak sekali jenis file ketika menjalankan sebuah komputer. Jenis-jenis file ini biasanya ditandai dengan yang disebut extension.

Exstension adalah identitas dari sebuah file. Dengan extension, kita bisa dengan mudah menentukan dengan menggunakan aplikasi apa, file tersebut bisa dibuka. Extension bisa kita lihat pada bagian belakang di setiap file. biasanya akan terlihat jika file tersebut belum didukung oleh aplikasi penunjang. Exstension biasanya dimulai dengan tanda titik, atau sering disebut dengan dot. namun jika file tersebut sudah didukung dengan aplikasi penunjangnya maka extension tidak akan terlihat.

Dalam dunia perkantoran, file yang sering dijumpai yakni file yang berextension .doc, .xls, .rar, .pdf. Dan masih banyak lainya. Nah, jika suatu saat anda menemukan sebuah file yang tidak bisa dibuka dengan satu aplikasi, coba anda lihat extension yang ada di belakang nama file tersebut.

Berikut ini akan saya coba jelaskan tentang beberapa extension dan aplikasi pembukanya.

  1. .doc dan .docx file dengan extension ini biasanya berupa lembar kerja pengolah data Microsoft Word. Kedua file tersebut merupakan file dari aplikasi yang sama namun dengan seri yang berbeda. .doc merupakan extensi untuk Microsoft Office 2003. Sedangkan .docx merupakan File Microsoft Office 2007, 2010, dan 2013. File Microsoft Office 2003 dapat dibuka dengan aplikasi Microsoft Office 2007. Namun Tidak sebaliknya. Microsoft Office 2007 Tidak bisa dibuka dengan Office 2003. Namun demikian, masih ada cara, agar File .docx bisa dibuka dengan aplikasi Office 2003. Yakni dengan menginstal aplikasi File Format Converter.  
  2.  xls dan .xlsx. File ini juga merupakan produk dari Microsoft Office namun untuk file ini merupakan aplikasi berupa lembar kerja pengolah angka yakni Microsoft Office Excel. mengenai penjelasan tentang aplikasi ini sama dengan file .doc dan .docx
  3. .ppt dan .pptx File jenis ini juga masih dalam keluarga besar Microsoft. extensi ini merupakan file yang biasa digunakan sebagai media presentasi. untuk membuka aplikasi ini disebut dengan Microsoft Office Power Point. Penjelasanya sama dengan dua file yang sudah saya jelaskan sebelumnya.
  4. .rar dan .zip File ini merupakan file untuk mengompres file. File ini bisa dibuka dengan aplikasi WinZip atau dengan aplikasi WinRar. Aplikasi ini biasa digunakan untuk mengumpulkan beberapa file dalam satu wadah. Sehingga memudahkan jika akan di kirim sebagai attachment email.
  5. .pdf merupakan program dokumen yang bisa dibuka dengan program atau aplikasi Adobe Reader atau dengan Nitro pdf.
  6. .flv Exstension jenis ini merupakan alamat untuk sebuah file Video. File jenis ini biasanya file hasil download dari Youtube. untuk membuka file ini anda bisa menggunakan aplikasi VLC atau dengan K-Lite.
  7. .mkv. File jenis ini merupakan file video sama seperti .flv namun biasanya file dengan jenis ini mempunyai kualitas video yang lebih baik dari .flv. untuk aplikasi pembuka file yang berextensi ini juga bisa menggunakan VLC atau K-lite
  8. .mp3 file jenis ini banyak kita jumpai di kehidupan sehari-hari. File dengan extension ini merupakan file musik tanpa gambar. Untuk bisa membuka file tersebut anda bisa menggunakan Winamp atau Media player yang lain. Karena file dengan extensi ini kompatibel dengan beberapa aplikasi multimedia.
  9. .avi file jenis ini masih merupakan file Multimedia. File ini merupakan file video. dan banyak juga kompatibel dengan banyak aplikasi multimedia yang ada.
  10. .mp4 masih merupakan file multimedia. File jenis ini merupakan video yang sudah kompatibel dengan aplikasi yang ada di handphone.
  11. .jpg. File exstensi ini merupakan bentuk file gambar. bisa dibuka dengan aplikasi Microsoft Office Picture Manager atau aplikasi editing foto seperti Potoshop
  12. .cdr file dengan extension .cdr merupakan file lembar kerja Corel Draw yang nerupakan aplikasi editing gambar yang biasanya berbasis Vektor.
  13. .psd extension ini merupakan jenis file yang bisa dibuka dengan aplikasi Potoshop. aplikasi ini berguna untuk editing foto.
  14. .dwg extension ini mungkin tak banyak ditemui pengguna komputer umum. Karena file tersebut merupakan lembar kerja Auto Cad. Yakni aplikasi yang digunakan untuk membuat sketsa bangunan. Aplikasi ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang bergerak  dibidang konstruksi.
  15. .odf extensi file ini tak kalah asing dengan .dwg. File dengan extensi ini bisa dibuka dengan aplikasi open office. Meski aplikasi ini bisa didapatkan secara cuma-cuma alias gratis, namun tak banyak yang menggunakan aplikasi ini karena lebih familiar dengan aplikasi Microsoft Office.

Demikian sedikit tentang beberapa extension file yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Jika terdapat kesalahan dalam penulisan maupun isi materi saya minta maaf. Dan jika ingin menanyakan sesuatu tentang isi dari tulisan, anda bisa tuliskan pada kolom komentar. Semoga bermanfaat. Mari membangun Semangat, Mari berbagi Manfaat.
Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 3:00 PM

0 comments:

Post a Comment

thanks for visit

VIVA