Find us on Google+

Pages

Tuesday, December 16, 2014

PENTINGNYA MENAHAMI SEJARAH



Pentingnya memperingati sejarah. Entah itu sejarah kehidupan berbangsa maupun beragama. Dalam cerita sejarah itu terkandung pesan yang sangat kaya. Dan begitu banyak hal-hal yang bisa kita ambil manfaatnya. Sebegitu pentingnya sejarah, sampai-sampai proklamator Indonesia Ir Soekarno pernah berkata “ Jas Merah “ yang artinya jangan sekali sekali melupakan sejarah. Hal itu membuktikan bahwa sejarah sangat lah berharga.

Di era yang terus berkembang ini, banyak hal yang memaksa kita melupakan sejarah. Mulai dari semakin banyak nya bukti-bukti sejarah yang hilang satu persatu. Dengan hilangnya bukti sejarah akan membuat generasi mendatang menganggap bahwa sejarah yang ada bisa jadi palsu atau hanya dongeng belaka. Bukan sesuatu yang benar-benar terjadi.

Sejarah bisa membuat kita menghargai jasa-jasa generasi terdahulu. Generasi yang memperjuangkan hingga masa sekarang ini bisa kita lewati. Islam yang sekarang Berjaya tidak lepas dari perjuangan Rasulullah, dan para sahabatnya terdahulu. Juga Generasi-generasi setelah Rasulullah. Yang dengan tekad yang bulat berjuang demi menegakan Panji Allah. Hingga bisa mencapai kemajuan hingga sekarang ini. 

Sejarah juga bisa membuat kita menemukan jati diri yang sesungguhnya. Hingga bisa menumbuhkan semangat yang lebih dari biasanya. Karena adanya keinginan untuk bisa mengulang kejayaan yang sudah ada. Serta memberi motivasi  kita  bisa berbuat lebih baik dari sebelumnya.

Memahami sejarah juga membuat kita merasa malu, jika hanya berdiam dan tidak berbuat apa-apa. Kejayaan islam yang sudah dicapai oleh generasi terdahulu akan hilang jika kita tidak menjaganya. Dengan memahami sejarah harusnya membuat kita interospeksi, jika generasi terdahulu dengan segala kekuranganya bisa mencapai hasil yang maha dahsyat. Apalagi kita yang punya segalanya. 

Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di masa lalu juga penting untuk di ingat. Hala itu dilakukan agar generasi-generasi selanjutnya bisa belajar sejarah masa lalu dan juga bisa mnenghargai perjuangan di masa lalu. Bagaimana cara mengingatnya? Caranya yakni dengan memperingati setiap tahunya peristiwa-peristiwa tersebut. 

Peringatan tersebut sangatlah penting mengingat begitu banyak orang yang perlahan-lahan mulai tidak peduli denga peringatan tersebut. Coba saja anda tanyakan pada beberapa orang tentang isra mi’roj, mauled nabi, nuzulul qur’an. Dan masih banyak lagi yang lainya. Jika kita sudah enggan untuk memperingatinya, jangan heran jika anak cucu kita nanti tidak akan tahu apa itu isra mi’raj, apa itu mauled nabi dan kapan peristiwa itu terjadi. Tidak menutup kemungkinan akhirnya mereka tidak tahu. Dan ketika tidak tahu mereka tidak mungkin bisa menghargai apa yang Generasi terdahulu pernah lakukan. 

Selanjutnya jika it uterus terjadi, maka lambat laun generasi selanjutnya akan semakin tidak tahu tentang islam. Bagaimana seharusnya orang islam, serta tidak tahu apa itu islam yang sebenarnya. Jika yang demikian ini terus terjadi, maka mereka akan semakin hidup semau mereka. Generasi selanjutnya akan menganggap bahwa islam sama saja dengan agama yang lain dan pada akhirnya, kehancuran lah yang terjadi.

Jangan sampai semua itu terjadi, mari kita bersama-sama bergerak belajar tentang sejarah. Dan berharap generasi selanjutnya akan menjadi generasi yang membanggakan leluhurnya.
Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 2:19 PM

0 comments:

Post a Comment

thanks for visit

VIVA