Find us on Google+

Pages

Monday, December 1, 2014

JENIS PRINTER


Printer merupakan hardware output yang memungkinkan kita mencetak sebuah dokumen, baik itu tulisan atau gambar. Seiring perkembangan zaman juga semakin banyaknya kebutuhan manusia untuk keperluan pencetak, membuat beberapa vendor mesin pencetak atau printer mengembangkan usahanya dengan mengeluarkan seri-seri printer yang bisa melakukan banyak hal. Berikut saya jelaskan tentang beberapa jenis printer serta keunggulan dan kelemahannya.
Secara garis besar, printer dibagi menjadi 3 jenis
1.      Printer Inkjet
Printer inkjet merupakan jenis printer yang menggunakan tinta cair. Printer jenis ini bisa mencetak dengan kualitas gambar yang terang, dan lebih bagus daripada printer yang lain. Dan kecepaan mencetak yang tidak terlalu lama.

Printer ini banyak digunakan oleh kantor-kantor atau juga perorangan, karena penggunaanya yanglebih mudah, harga yang tidak terlalu mahal, serta hasil cetak yang memuaskan.

Manusia indonesia seolah kurang puas dengan rancangan printer inkjet yang ada saat ini. Karena merepotkan jika harus mengisi tinta dengan suntikan ketika tinta di dalam Catride(tempat tinta). Nah, dengan kondisi seperti itu, di buat modiflah printer Inkjet yang sudah ada, dengan cara menambahkan tabung tinta di luar printer dan di alirkan ke dalam Catride melalui selang, atau yang sering disebut dengan System Infus. Entah siapa yang memulai lebih dulu. Namun hingga sekarang, hampir semua orang yang menggunakan printer pasti sudah di modif dengan memasang system infus. Bahkan sekarang Epson mengeluarkan seri terbaru yang sudah terpasang system infus khusus hanya di indonesia.

Diantara printer yang bisa di pasang system infus yakni Canon IP, Serta Canon MP, dan juga Epson. Sedangkan printer HP biasanya Teknisi tidak menerima infus karena tidak adanya saluran pembuangan tinta. Jika di paksakan biasanya akan terjadi banjir tinta di dalam printer. Berbeda dengan canon dan epson yang terdapat saluran pembuangan tinta.

Untuk printer jenis ini biasanya terdapat seri All In One Printer yakni printer yang ditambah fungsinya dengan Foto kopi dan Scanner.

Bukan tanpa kekurangan, printer jenis ini biasanya kerusakan sering terjadi pada bagian head, atau mulut semprot tinta. Dan jika ini terjadi maka untuk bisa menggantinya kita perlu merogoh kocek yang lumayan.
All In One Printer


Epson L100 Printer yang sudah Include Infus

Printer Modif Infus

Printer Oryginal Belum terpasang Infus


2.      Printer Laserjet
Printer jenis ini menggunakan tinta serbuk dan mirip denganmesin fotokopi. Kelebihan printer laserjet dibanding Inkjet yaitu, proses pencetakan yang terbilang lebih cepat. Dan hasil cetak biasanya lebih awet dibanding dengan printer Inkjet. Namun printer ini terbilang mahal dibanding dengan printer inkjet. Dan warnanya hanya untuk hitam saja.
Printer Laserjet

3.      Printer Dot Metrik
Printer Dot Metrik adalah printer yang menggunakan Jarum-jarum yang di ketukan dengan pita karbon untuk menghasilkan tulisan, sehingga terlihat seperti sekumpulan titik. Sudah tentu printer ini hanya bisa menghasilkan dokumen cetak warna hitam saja. Namun demikian printer Dot Metrik tergolong printer yang cukup mahal. Namun demikian printer jenis ini tergolong printer yang awet perawatan.
Printer Dot Matrix

Printer ini banyak kita jumpai pada kantor-kantor notaris, Swalayan, atau PPOB. Yang biasanya menggunakan printer Dot Metrik sebagai alat pencetak.

Demikian sedikit penjelasan tentang jenis-jenis printer. Semoga dapat bermanfaat.

Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 3:54 PM

0 comments:

Post a Comment

thanks for visit

VIVA