Find us on Google+

Pages

Saturday, November 29, 2014

Perangkat Input komputer

Setelah kita tahu garis besar tentang komponen computer, selanjutnya kita telususri lebih dalam tentang komponen-komponen yang dijelaskan sebelumnya. Dalam pembahasan kali ini akan di jabarkan tentang Hardware atau perangkat keras.

Perangkat keras merupakan perangkat yang dapat kita lihat secara langsung dan kita dapat menyentuh dengan tangan kita. Seperti yang kita tahu sebelumnya bahwa perangkat keras di bedakan menjadi 3 bagian besar yakni perangkat Input, CPU, dan perangkat output. Dan yang akan kita bahas pada sesi ini adalah tentang perangkat input dan perkembanganya
Seperti yang kita tahu perangkat input yakni perangkat yang digunakan sebagai alat untuk memasukan data. Dan begitu banyak perangkat input yang bias kita gunakan.
Perangkat Input
1.      Keyboard
Sesuai dengan namanya, keyboard berarti papan tombol. Kerana keyboard merupakan sebuah papan yang berisi dengan huruf-huruf dan angka yang bias kita gunakan untuk memasukan huruf dan angka-angka. Penggunaan keyboard adalah dengan menghubungkan kabel keyboard dengan bagaian belakang cpu atau yang disebut dengan back panel. Konektor yang digunakan untuk menghubungkan keyboard ada beberapa jenis.
Konektor Serial Dan ps2
§  Konektor Serial. Konektor ini digunakan pada cpu yang bertipe AT, dan mungkin tidak pernah di temukan lagi pada sekarang ini. Pada konektor ini cirri yang
mencolok adalah bentuknya yang lebih besar dari konektor keyboard yang ada sekarang.

§  Konektor PS2. Konektor ini bentuknya hampir sama dengan konektor serial namun dengan bentuk yang lebih kecil dari konektor serial. Konektor ini masih sering kita jumpai hingga saat ini. Dan kebanyakan CPU menggunakan konektor PS2.

Konektor USB
§  Konektor USB. Konektor ini berbentuk persegi panjang kecil. Untuk konektor ini biasanya digunakan pada CPU keleuaran terbaru juga digunakan pada notebook. Karena biasanya pada Cpu dan notebook keluaran terbaru tidak terdapat port untuk PS2 dan juga Port Serial.


Keyboard dan Mouse Wireless
§  Konektor wireless. Berbeda dengan tiga konektor di atas yang dihubungkan dengan kabel, konektor wireless tidak menggunakan kabel. Pada konektor ini biasanya menggunakan signal Bluetooth.  Hal ini tentu memudahkan pengguna karena tidak adanya kabel yang membatasi perangkat. Dan tentu saja lebih leluasa dalam menggunakan perangkat keyboard tersebut.

2.      Mouse.
Serial Mouse
Perangkat ini berbentuk sedikit lonjong menyerupai tiku. Itulah sebabnya perangkat ini disebut dengan Mouse. Perangkat ini berfungsi untuk menggerakan kursor, serta untuk membuka aplikasi-aplikasi. Konektor yang di gunakan pada perangkat ini hamper sama dengan yang di gunakan pada keyboard. Yakni Serial, PS2, USB dan juga Wireless. Namun yangmembedakan hanya pada konektor serial saja, yang berbentuk pipih.





3.      Scanner
Scaner
Scanner merupakan perangkat yang bias kita gunakan untuk memindai dokumen atau gambar. Perangkat ini biasanya di hubungkan dengan konektor USB. Beberapa brand membuat scanner khusus. Dan tidak digabungkan dengan perangkat lain. Namun ada juga yang ditambahkan dengan perangkat yang lain seperti printer. Atau yang sering disebut dengan All In One Printer. Hal ini untuk memudahkan kita menggunakan, jadi tidak harus mempunyai beberapa perangkat untuk mendukung kerja kita. Cukup satu perangkat yang memungkinkan semua kerja dapat di selesaikan.

4.      Microphone



Microphone 
Seperti halnya Microphone yang di gunakan pada aktifitas yang lain, dalam system computer microphone juga digunakan sebagai media input suara. Dalam hal ini biasanya digunakan untuk obrolan suara lewat chating. Karena semakin berkembangnya zaman, semakin banyak aplikasi untuk bias berbincanga dengan orang-orang yang jauh dengan media computer.
Selain dari yang disebut di atas, masih banyak lagi yang lainnya.
Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 3:49 PM

0 comments:

Post a Comment

thanks for visit

VIVA