Find us on Google+

Pages

Sunday, December 14, 2014

ARTI DAN FUNGSI BERDOA



Akhir akhir ini kita sedang dihebohkan dengan berita tentang berdo’a sebelum memulai pelajaran yang akan di hilangkan karena dianggap pemaksaan. Sampai-sampai Ust Yusuf Mansur angkat bicara tentang masalah ini melalui akun twitter pribadinya. Karena bagi Ust Yusuf Mansur sangat penting untuk membela hal yang berkaitan dengan agama. Tahukan anda apa arti dan tujuan kita berdo’a.

Berdo’a merupakan kegiatan meminta kepada Allah SWT. baik itu meminta hal-hal yang berkaitan dengan dunia. Atau lebih jauh lagi berdo’a yang berkaitan dengan Akhirat. Manusia sebagai makhluk yang lemah sudah sepatutnya meminta kepada Allah Tuhan penguasa jagat raya. Karena manusia tidak punya kekuatan apa-apa jika tanpa pertolongan dari Allah SWT. 

Kita dianjurkan untuk selalu dalam setiap waktu dalam setiap kegiatan-kegiatan kita. Dengan harapan apapun yang kita lakukan mendapat pertolongan dari Allah. Dimudahkan segala urusan kita. Apa yang kita lakukan bisa mencapai keberhasilan dan juga setiap yang kita lakukan akan bernilai ibadah.

Hanya Allah saja yang maha agung sedang kita hanya makhluk yang lemah. Sudah sepatutnya kita berdo’a, meminta kepada Allah. Sombong sekali jika kita enggan kita berdo’a seolah-olah kita telah bisa melakukan segalanya sendiri. Dengan kita berdo’a berarti kita menyadari dan sepenuhnya mengakui bahwa Allah saja yang maha segala-galanya.

Berdo’a juga seharusnya bisa menjadikan kita selalu bersyukur atas segala nikmat dan karunia yang diberika kepada kita. Berterima kasih atas segala yang Allah berikan kepada kita. Nikmat yang sangat banyak itu yang kita tidak mungkin bisa menghitungnya. Dan berdo’a seharusnya membuat kita malu jika kita mengingkari nikmat yang diberikan kepada kita melalui do’a-do’a kita. Do’a yang kita panjatkan. Do’a yang selalu dikabulkan oleh Allah. Sudah sepatutnya kita malu jika mengingkari nikmat yang banyak itu.

Selain itu berdo’a juga bisa menenangkan hati kita. Membuat fikiran kita segar kembali dari hiruk pikuknya kegiatan duniawi kita. Dari segala problematika kehidupan yang ada. Dengan berdo’a, mengadu kepada Pemilik Kehidupan Dunia dan Kehidupan Akhirat. Maka kita akan merasa lega dan plong setelah kita bermunajat kepada Allah melalui do’a-do’a kita. Pasti akan lebih baik jika kita mengadu kepada Allah ketimbang kepada sesama Manusia. 

Begitu besar manfaat berdo’a. Karena manusia hanya makhluk lemah yang tiada berdaya jika tanpa pertolongan Allah.

Sudahkah anda berdo’a???

Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 6:49 PM

0 comments:

Post a Comment

thanks for visit

VIVA