Find us on Google+

Pages

Tuesday, January 13, 2015

NILAI SEBUAH KEYAKINAN

Simbah merupakan seorang yang baik hati dan sungguh taat dalam menjalankan agamanya. Dalam setiap sholat beliau minimal menghabiskan waktu 15menit. Begitu kata beliau. Menurut beliau, kita ada hingga sekarang salaha satunya yakni karena jasa para pendahuli kita. Para Ulama, Para Pejuang dan Para orang Tua. Jadi sudah sepantasnya kita berterimakasih kepada mereka. Dengan cara apa seharusnya kita berterima kasih? Tentu dengan untaiana doa yang kita panjatkan. Tak ada lagi yang mereka butuhkan kecuali doa-doa kita yang masih hidup.

Beliau berkata padaku, bahwa beliau selalu bertawasul. Menghadiahkan Al Fatikhah kepada Nabi Muhamad, dan para pejuang islam lain. Karena itu beliau minimal menghabiskan waktu 15 menit. Bagaimana dengan kita. Berapa lama waktu yang kita habiskan dalam setiap sholat kita. Tanya pada diri kita masing-masing. Termasuk saya sendiri.

Beliau juga merupakan seorang yang sangat teguh dalam pendirian. Beliau selalu mantap dengan apa yang dia yakini. Baliau selalu total dengan apa yang beliau kerjakan. Baik itu urusan duniawi, apalagi yang berkaitan dengan agama. Beliau sering sekali mengingatkan saya dalam setiap pembicaraan yang kami lakukan. “lakukanlah semuanya dengan sungguh-sungguh, maka insyaallah kamu akan berhasil. Tentang apapun itu. Terlebih lagi jika berkenaan dengan Akhirat kamu harus yakin dengan seyakin-yakinnya.” Aku hanya bisa tertunduk dan menjawab “ nggih mbah, Insyaallah”.

Mengenai keyakinan ini, beliau pernah bercerita satu kisah yang beliau alami. Cerita yang jika kita ambil secara nalar saja kita akan sulit untuk percaya. Tapi Allah yang Maha Tahu, Allah lah yang Maha kuasa. Apapun yang terjadi tentulah Allah yang telah mengaturnya. Simbah paham betul mengenai itu.

Suatu ketika beliau melakukan perjalanan keluar kota untuk berdagang seperti yang biasa beliau lakukan. Dalam perjalanan beliau terkena musibah berupa kecelakaan. waktu itu beliau menunggangi mobil bersama dengan beberapa orang yang lain. Mobil yang beliau tumpangi ditabrak oleh sebuah truk besar yang menyebabkan mobil yang beliau tumpangi hilang kendali. Tak cukup sampai disitu, kemalangan yang beliau alami, beliau dan seluruh penumpang dirampok. Barang-barang yang beliau bawa diambil oleh orang yang menabrak beliau. Seluruh barang bawaan beliau ludes dibawa pelaku. Hal serupa dialami seluruh korban. Barang-barang yang mereka bawa ludes. Mereka yang lemah tentu tidak bisa melawan. Hanya pasrah dan terdiam.

Simbah merasa haus waktu itu. Beliau teringat membawa beberapa buah jeruk dan meminta seorang untuk mengambilkan. Namun ternyata jeruk yang beliau bawa dibawa mereka juga. Malang betul nasib simbah dan juga yang lainya. Dalam kejadian itu, beliau melihat ada yang meninggal seketika. Beberapa orang luka-luka. Sedangkan beliau terluka cukup parah. Lengan sebelah kanan beliau patah.

Singkat cerita beliau dibawa ke rumah sakit. Menurut dokter beliau harus diamputasi karena tulang yang remuk. Mustahil akan bisa tumbuh kembali. Mengingat usia beliau yang sudah tidak muda lagi. Menurut dokter, jika beliau bersedia untuk diamputasi pihak rumah sakit akan memberikan santunan sebesar satu juta rupiah. Angka yang cukup besar waktu itu sekitar tahun 1995. Namun jika tidak mau, beliau harus menanggung semua biaya itu sendiri dan biaya perawatan beliau cukup Mahal, yakni kurang lebih delapan ratus ribu rupiah harus beliau keluarkan setiap harinya. Dan minimal perawatan dilakukan selama 6 bulan. Namun dengan tegas beliau menolak. Karena menurut beliau tangan itu anugerah. Tidak rela jika harus memotongnya. Akhirnya perawatan pun dimulai. Pan-pan mulai dipasangkan ditangan beliau untuk menyambung tulang-tulang yang patah tadi.

Waktu terus berlalu dan beliau merasa bosan dengan suasana Rumah Sakit. Hingga sekitar 3 minggu, beliau bertekad dalam hati. Menurut beliau, tidak ada yang tidak mungkin jika Allah telah berkehendak. Simbah berniat sholat malam pada malam itu juga.

 Beliau memang sering sholat malam pada hari biasa. Namun malam ini beliau mengkhususkan untuk memohon kesembuhan. Sholat malam beliau lakukan, doa-doa beliau panjatkan. Dan hingga akhirnya beliau tertidur. Dalam tidurnya, beliau didatangi oleh seseorang yang memakai pakaian serba putih. Dan dalam mimpinya beliau diusap dibagian lengan yang patah sebanyak tiga kali dan berucap, “ insyaallah sembuh”.

Keeseokan harinya, beliau mendapati tangan beliau telah pulih. Meski masih ada rasa sakit, namun jauh berkurang dari biasanya. Melihat hal itu beliau melapor kepada dokter yang biasa memeriksa beliau dan melakukan pemeriksaan lanjutan. Dan hasilnya, tulang yang patah tersambung kembali.

Tentu saja dokter merasa aneh dengan hal itu. Karena dengan usia simbah sangat tidak mungkin. Untuk memastikannya, beliau memeriksakan keadaanya kepada dokter spesialis tulang yang lain yang mempunya alat yang memadai. Dan hasilnya sama saja. Tulang-tulang yang patah telah tersambung kembali.

Begitu kurang lebih cerita yang beliau sampaikan pada saya. Mungkin memang terlihat aneh namun begitulah adanya. Dalam kisah ini beliau ingin mengingatkan saya tentang arti sebuah keyakinan. Bahwa kita harus yakin bahwa Allah adalah sebaik-baik penolong bagi kita. Mantapkan hati kita dan jangan ragu sama sekali. Allah tidak akan mengecewakan hambanya sedikitpun. Namun sebaliknya, Allah akan selalu memberi kabar gembira kepada hambanya yang yakin akan kekuasaan Allah.

Demikian sepenggal hikmah yang bisa saya sampaikan. Semoga bisabermanfaat bagi anda. Dan jika terdapat kesalahan atau kekurangan, tiada lain karena saya hanya manusia biasa yang sudah pasti mempunyai kesalahan.
Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 12:26 AM

0 comments:

Post a Comment

thanks for visit

VIVA