Find us on Google+

Pages

Tuesday, June 29, 2010

KUASAI TEKHNOLOGI,,JANGAN SAMPAI DI KUASAI TEKHNOLOGI,,,,,,,


Dunia ini semakin berkembang dengan penemuan-penemuan baru dalam berbagai bidang. Tekhnologi makin berkembang pesat di zaman sekarang ini. Dengan perkembangan itu kita harus hati-hati. Bagaimanapun semuanya pasti punya dampak positif dan negatif.

Munculnya hal-hal baru tersebut menarik minat manusia-manusianya untuk senantiasa mengikuti dengan cara mereka masing-masing. Ada yang tanpa filter memasukan semua kemajuan yang ada tanpa memikirkan manfaat dan mudlorotnya.

Sebagai seorang muslim kita mesti bisa menguasai tekhnologi, sehingga kita tidak ketinggalan dengan yang lain. Kita bisa mnegikuti perkembangan yang ada. Jangan sampai terbalik, tekhnologi yang menguasai kita. Kita terombang-ambing, kita di perdaya, dsb.

Lantas mesti kita apakan nih yang namanya tekhnologi dan kroni-kroninya?.
Kita menilik yang dilakukan oleh Kanjeng Sunan Kali jaga, yang memanfaatkan wayang untuk media dakwahnya. Mengapa beliau memilih media wayang dan kesenian untuk menyebarkan islam?. Itu karena pada masa itu, wayang dan kesenian lainya merupakan kegemaran dari masyarakat sekitar. Sehingga apa yang dibawa pun ikut di senangi.

Mungkin kasusnya bisa kita samakan dengan zaman sekarang. Apa yang orang-orang sekarang gemari?musikkah?seni kah?tekhnologi kah?. Nah mungkin yang sekarang sedang booming adalah tekhnologi, khususnya di dunia internet, lebih khusus lagi di situs jejaring sosial, apapun bentuknya.

Di zaman sekarang siapa yang tidak kenal dengan facebook, twitter, my space dsb. Siapa yang tidak menggunaka fasilitas itu? Saya yakin semua kenal dan hampir semua orang mengikuti trend itu. Kita harus memanfaatkan situasi ini, memanfaatkan situasi yang di lakukan oleh Kanjeng Sunan Kalijaga. Kita masukan dakwah di facebook dan spesies-spesies lainya yang sejenis.kita saling mengajak di situs-situs jejaring sosial, kita saling mengingatkan, kita saling berbagi hikmah.
Sia-sia jika kita hanya mengobral sesuatu yang ngga penting. Hanya sekedar update status yang ngga jelas, atau berbagi informasi yang justru menambah kemadlorota bagi kita dan orang-orang di sekitar kita.lebih baik kita bagi informasi tentang keimanan, keislaman, sehingga apa yang kita lakukan bukan hanya satu kesenangan yang sia-sia, melainkan kesenangan yang juga di senangi oleh Allah.

So,,,bagaimana sekarang? Apa yang akan kita lakukan dengan si facebook, twitter lan bolo-bolone(teman-temannya)

Oke,,demikian sedikit pandangan dari saya semoga dapat mengambil hikmah nya. Mohon kritik dan sarannya,,,,
Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 9:36 PM

0 comments:

Post a Comment

thanks for visit

VIVA