Find us on Google+

Pages

Monday, June 14, 2010

WISATA DI TEGAL

Aku adalah seorang putra Tegal, yang merantau ke tanah orang.

Pergi meninggalkan kampung halaman membuatku rindu akan suasana Tegal.banyak hal yang membuat ku rindu akan daerah ku tercinta.mulai dari tempat wisata,kuliner,dan sebagainya.nah buat ngobatin rasa kangenku and barang kali ada putra tegal juga yang ingin bernostalgia,aku coba cerita dikit ah tentang tegal.
yang pertama aku mau coba cerita tentang wisatanya deh.
ada beberapa tempat wisata di kabupaten tegal.
1. Wisata pemandian air panas Guci,
2. Obyek wisata waduk cacaban,
3. Pantai purwahamba indah,
dll/

Saya coba deskripsiin deh satu-satu,,,,
1. wisata pemandian air panas guci





Ds. Guci, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah: Guci , Apa yang anda bayangkan ketika mendengar satu kata ini ? Pertama mungkin anda akan berpikir tentang sebuah benda yang berbentuk seperti pot besar dari keramik yang sangat indah. Tapi hapus anggapan seperti itu jika anda datang ke Kabupaten Tegal .Ya,jika anda datang ke kabupaten Tegal maka anda akan mendapati bahwa Guci adalah salah satu nama objek wisata yang sangat tersohor bahkan sampai keluar kabupaten Tegal itu sendiri.Lokasi objek wisata ini tepatnya berada di desa guci kecamatan Bumijawa yaitu kecamatan paling selatan di kabupaten Tegal yang berada tepat di bawah kaki gunung Slamet(3.428 M) yaitu sekitar 30 km dari kota Slawi atau 40 km dari kota Tegal menuju ke selatan.


Kenapa dinamakan guci ?
Dulu air panas Guci adalah air yang diberikan Walisongo kepada orang yang mereka utus untuk menyiarkan agama Islam ke Jawa Tengah bagian barat di sekitar Tegal. Dinamakan guci karena air itu ditempatkan di sebuah guci (poci) dan berkhasiat endatangkan berkat,Kemudian karena air pemberian wali itu hanya sedikit, maka pada malam Jumat Kliwon, utusan wali itu menancapkan tongkat sakti ke tanah. Kemudian atas izin Tuhan, kemudian mengalir air panas tanpa belerang yang penuh rahmat ini.
Untuk menuju objek wisata ini sangatlah mudah .Jika anda datang dari kota Tegal anda bisa langsung meuju ke arah selatan menuju ke kota slawi dan terus ke selatan menuju ke arah Bumijawa.Sesamapinya di sebuah pertigaan di desa tuwel belok ke arah kiri , ikuti saja jalan hingga anda sampai di satu pertigaan lagi dan sebuah gapura besar menanti anda untuk mulai memasuki objek wisata guci. Mudah bukan ? namun, Jika anda tidak membawa kendaraan pribadi anda tidak perlu khawatir karena dari arah kota slawi ada mobil angkutan jurusan Slawi-Guci yang langsung menuju ke objek wisata Guci.
Guci layak anda kunjungi karena saya yakin anda tidak akan menyesal berkunjung ke objek wisata ini dan anda akan merasakan objek wisata Guci yang memiliki kekhasan tersendiri di banding objek wisata lain, karena disini anda akan merasakan suasana alam pegunungan dengan kesegaran alami dan dengan pemandangan yang sangat indah. Selain itu dengan fasilitas-fasilitas objek wisata ini bisa dikatakan juga sangat lengkap mulai dari penginapan,kolam renang,hotel, lapangan tenis,bumi perkemahan,wisata hutan dll.

Satu yang tidak boleh anda lewatkan ketika anda berkunjung ke objek wisata guci yaitu berendam di kolam air panas.Ini memang harus anda coba karena Guci memang terkenal dengan air panasnya yang alami. disini ada banyak kolam pemandian umum air hangat tapi yang palng terkenal adalah pemandian umum pancuran 13 ,Selain itu anda juga bisa berendam di pancuran tujuh .Konon jika anda berendam di air panas ini maka berbagai penyakit seperti rematik rematik,kudis,koreng,borok(??),dan penyakit kulit lainya bisa disembuhkan.
Setelah atau sebelum itu anda bisa juga berjalan-jalan keliling objek wisata yang berada lebih dari 1000 meter dpl. ini , Sehingga anda akan melihat keindahan alam guci dan merasakan kesegaran alamnya.Anda bias berjalan menelusuri hutan pinus hingga naik ke atas bukit yang ada di objek wisata ini. Jika anda ingin berjalan-jalan dengan cara yang berbeda maka dengan uang receh anda bisa menyewa seekor kuda untuk berkeliling. Tak usah khawatir jika anda tidak bisa menunggang kuda karena pemilik kuda dengan senang hati bersedia membantu anda .

Seusai jalan-jalan jika anda merasa lapar, andatidak perlu khawatir mencari makanan atau jajanan karena disini banyak sekali penjual makanan dari mulai warung-warung kecil sampai restoran .Pokoknya semuanya lengkap disini. Begitu pula jika anda ingin berlama-lama di objek wisata ini anda bisa menginap selama beberapa hari disini. Ada banyak sekali wisma,villa dan hotel untuk anda menginap.

Setelah anda puas tak lengkap rasanya jika anda meninggalkan objek wisata guci tanpa membeli oleh-oleh,sangat mudah untuk mendapatkan oleh-oleh disini karena disini banyak sekali penjual-penjual souvenir mulai dari kaos hingga barang-barang kerajinan yang khas guci . Selain itu juga anda bisa membeli beraneka macam makanan untuk dibawa pulang mulai dari manisan cermai,manisan pepaya bahkan hingga sayur-sayuran dan buah-buahan yang sangat segar karena dijual langsung oleh penduduk di desa guci.



OW WADUK CACABAN



tempat wisata yang kedua yakni obyek wisata waduk Cacaban.
Waduk Cacaban adalah sebuah bendungan yang terletak di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Luas areal waduk adalah 928,7 ha dan berisi air sebanyak 90 juta m³. Waduk ini didukung dengan latar belakang pemandangan hutan dengan panorama yang indah.

Waduk Cacaban diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1952. Waduk ini sebenarnya berfungsi mengairi sawah-sawah di sekitarnya, namun juga difungsikan sebagai obyek wisata. Letaknya tidak jauh dari Slawi, lebih kurang 9 km ke arah timur tepatnya di desa Karanganyar, Kecamatan Kedungbanteng, dan merupakan salah satu obyek wisata di daerah tersebut. Cacaban adalah objek wisata andalan di Kabupaten Tegal, selain Wisata Guci dan Pantai Purwahamba Indah. Wisatawan dapat menikmati suasana santai, dengan memancing ikan, jalan-jalan di atas bendungan ataupun dapat mengelilingi waduk dengan kapal motor. Adapun makanan khasnya adalah aneka ikan air tawar yang setiap saat tersedia.

Fasilitas wisata yang ada:
Arena pemancingan yang luas
Jalan-jalan di atas waduk/bendungan
mengelilingi waduk dengan kapal motor
sepeda air

Karena dari segi kualitas lingkungan kondisi Cacaban sedang menurun, oleh kantor pariwisata setempat telah diupayakan penggalakan agrowisata dengan menanami sebagian wilayah Cacaban dengan tanaman buah-buahan.
selain untuk tempat wisata,,waduk cacaban juga sering digunakan sebagai bumi perkemahan oleh anggota pramuka khususnya di kawasan kabupaten tegal.
saya dan pasukan saya dari TIRTA SATYA PRATAMA(Dewan Kerja Ranting kedung banteng)merupakan salah satu anggota pramuka yang sering mengadakan kemah di waduk cacaban



.

bagi anda silahkan mencoba berniat berkunjung menikmati fasilitas yang mana..


PANTAI PURWAHAMBA INDAH



Suatu kawasan laut Jawa yang indah, dengan tumbuhan nylur yang subur. Serta gelombang ombak yang tidak terlalu besar dan warna airnya birujernih. di tempat mi memang sangat ideal untuk rekreasi, santai, terlebih lagi bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan jauh melewati jalur lalu-lintas antara Jakarta-Surabaya lewat pantai utara dapat beristirahat sejenak untuk refresing. Para wisatawan selain dapat menikmati keindahan pantai, termpat inijuga tersedia fasilitas, antara lain : penginapan, kolam renang bertaraf internasional, arena mainan anak-anak, kebun binatang mini dan sebagainya. Jarak tempuh dan terminal bus kota Tegal ± 14 km ke arah timur jurusan ke Semarang. Dapat ditempuh dengan kendaraan umum, antara lain bus dan colt mini.




Selamat berwisata di kabupaten Tegal,,,,, :-)


Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 10:39 PM

1 comments:

Danny Julian said...

boleh dicoba nih utk liburan nanti http://inticoretan.blogspot.com/

Post a Comment

thanks for visit

VIVA