Find us on Google+

Pages

Thursday, March 19, 2015

CARA INSTAL INPUT ARABIC PADA WINDOWS XP DENGAN CEPAT, MUDAH DAN TANPA SOFTWARE

Pernahkah anda menyalin tulisan dengan font Arabic, Thailand, atau China dan ketika di paste dilembar kerja Word yang tampak hanya kotak-kotak saja?. Nah mungkin banyak diantara kita yang pernah mengalami hal yang demikian. Hal itu terjadi karena font Arabic pada system kita belum terpasang. Biasanya ini terjadi pada windows xp.

Anda tidak perlu panik caranya cukup mudah agar komputer atau leptop anda bisa membaca tulisan Arabic dan bahkan anda bisa menuliskan Arabic dengan mudah. Pada tutorial kali ini saya akan mencoba menjabarkan tentang cara instal Input Arabic pada Windows XP.

Segera stand by di depan komputer atau laptop anda. Mari segera kita eksekusi. Siapkan CD Windows XP anda karena itu akan dibutuhkan. Jika sudah siap, silahkan kita mulai dengan klik tombol Start lalu pilih Control Panel. Setelah itu anda cari dan pilih Date, Time, Language and Regional Option. Lalu lanjutkan dengan memilih Regional and Language Option maka akan muncul jendela seperti gambar dibawah ini.

Pilih Tab Language seperti yang ditunjuk dengan tanda panah.

Setelah itu centang kedua kotak yang saya beri tanda kotak dan ditunjuk dengan tanda panah. Setelah anda centang biasanya akan muncul kotak konfirmasi langsung saja anda pilih Ok saja.

Jika sudah anda centang lalu pilih Ok yang berada pada bagian bawah. Dan pastikan CD Windows XP sudah anda masukan kedalam CD Rom anda. Setelah itu tunggulah beberapa saat hingga proses selesai. Dalam proses ini Sytem akan membaca isi dari Master Windows anda, karena file yang dibutuhkan berada dalam kepingan Windows tersebut.

Jika proses selesai system akan meminta anda untuk merestart komputer anda. Pilih yes agar setingan yang baru terinstal tadi bisa bekerja secara maksimal.

Saat komputer sudah kembali menyala, ulangi langkah yang tadi, yakni klik Start => pilih Control Panel => pilih Date, Time, Language and Regional Option => Language and Regional Option. Nah kembali anda pilih tab language dan pilih Detail seperti yang ditunjuk tanda panah pada gambar sebelumnya. Selanjutnya silahkan anda pilih Add, lalu centanglah kotak yang saya tandai dengan kotak berwarna hitam dan ditunjuk dengan tanda panah,

lalu pilihlah arabic 101 seperti pada gambar di bawah ini. Setelah itu pilih Ok di semua jendela yang terbuka.

Nah semua proses telah selesai. Sekarang waktunya kita mencoba mengaplikasikan pada Aplikasi Microsoft Word yang merupakan aplikasi pengolah data.

Perhatikan gambar dibawah ini.

Perhatikanlah pada sudut kanan bawah. Pada Task bar terlihat seperti gambar keyboard. Nah disitu letak setingan yang akan kita gunakan untuk merubah apakah kita akan menginput dengan Mode Arabic atau English. Jika anda ingin menggunakan input Arabic, klik pada logo keyboard tersebut lalu pilihlah Arabic 101 dan coba anda tuliskan sebuah kata atau huruf dengan keyboard anda, dan lihat hasilnya.

Dan jika anda menginginkan dengan huruh alfabhet, lakukan hal yang sama lalu pilihlah menu yang English.

Dan selesai. .  . mudah bukan dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi anda. Mari berbagi :) . . . . . . .
Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 3:02 PM

0 comments:

Post a Comment

thanks for visit

VIVA