Find us on Google+

Pages

Tuesday, February 24, 2015

CARA MERAKIT CPU DENGAN BAIK DAN BENAR

Setelah kita tahu mengenai perangkat Hardware. Tahap selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah merakitnya. Merakit komputer tidak terlalu sulit. Namun disini kita sedikit perlu ketelitian.

Baiklah di sini akan saya jelaskan tata cara merakit computer. Alat-alat yang perlu kita siapkan yakni: Obeng, Baut, serta perangkat Hardware CPU seperti, Power Supply, Mainboard, Prosesor, RAM, Hardisk, CD Rom, serta Casing CPU.

Yang perlu kita lakukan pertama adalah menyiapkan casing. Biasanya ketika kita membeli casing sudah termasuk dengan Power supply yang terpasang. Dan juga sudah di sediakan baut-baut yang bisa kita gunakan untuk merakit komponen yang lain. Buka terlebuh dahulu tutup casing yang berada di samping kanan dan kiri kasing.

Selanjutnya kita ambil baut yang akan kita gunakan untuk memasang mainboard dan perangkat lainya. Setelah itu kita ambil dudukan baut, biasanya berwarna keemasan. Kita tempatkan pada bagian dalam casing. Untuk memasangnya kita harus perhatikan posisi lubang yang disediakan mainboard. Jadi nanti ketika kita memasangnya pas. Dan tidak ada yang terlewat.

Setelah semua dudukan kita pasang di dalam casing, selanjutnya adalah kita siapkan mainboard yang akan kita pasang. Namun untuk memudahkan kita dalam merakit, kita pasang dulu RAM, Prosesor, serta FAN Prosesor. Untuk pemasangan RAM kita harus pastikan semua bagian telah menempel sempurna, biasanya di tandai dengan bunyi klik dan kita lihat juga seluruh sisi RAM apakah bagian kuningan yang ada di sisi bawah ram sudah masuk kedalam slot. Jika sudah berate sudah siap dan aman, karena jika terjadi kesalahan misalnya miring, atau semua bagian RAM tidak tertanam dengan sempurna akan menyebabkan korslet pada mainboard.
Pemasangan RAM

Pemasangan Prosesor



Selanjutnya kita pasang prosesor berikut dengan FAN nya. untuk pemasangan prosesor, kita perhatikan letaknya dengan baik, agar tidak salah. Dan untuk pemasangan FAN pastikan semua kaki-kaki FAN prosesor telah terkunci dengan baik. Pemasangan yang salah pada Fan prosesor, bisa mengakibatkan prosesor over heat, dan system menjadi tidak stabil, biasanya di tandai dengan restart system atau no display. Dalam jangka waktu lama bias mengakibatkan prosesor mati.

Pemasangan Fan Prosesor
Setelah semua sudah terpasang dengan sempurna. Selanjutnya kita masukan mainboard yang tadi kita rakit kedalam casing. Pastikan semua lubang yang disediakan untuk membaut mainboard sesuai dengan dudukan yang tadi telah kita siapkan. Dan selanjutnya bautlah dengan hati-hati dan kuat. Agar mainboard tidak mudah goyang.
 
Pemasangan Mainboard

Memasang Baut


Ada beberapa slot yang harus kita pasang di mainboard, diantaranya, Front Panel, Front USB dan Front Audio. Langkah selanjutnya yaitu memasang semua slot itu.

Selanjutnya sambungkanlah kabel power suply dengan mainboard. Pastikan pemasangannya sempurna. Biasanya terdapat 2 pasang kabel yakni kabel yang 24 pin serta yang 4 pin.
 
Memasang Kabel Power Supply
Kini giliran hardisk yang harus kita pasangkan ke dalam casing. Letakan pada tempat yang di sediakan, kencangkan dengan baut. Dan pastikan hardisk terpasang sempurna. Karena hardisk yang terlalu sering terkena goncangan akan mengakibatkan hardisk menjadi Bad Sektor. Setelah di pasang dengan baut. Pasangkan kabel power dari  power supply serta kabel datanya di hubungkan dengan mainboard agar bisa terdeteksi oleh system. Hal yang sama kita lakukan pada CD Rom. Pasangkan serta hubungkan kabel power serta kabel datanya ( SATA atau ATA)
Pemasangan Hardisk



Setelah semua terpasang, usahakan kabel yang berada di dalam casing dalam posisi rapi dan tidak berantakan. Di kahawatirkan kabel tersangkut pada fan prosesor, sehingga mengakibatkan system menjadi tidak stabil karena prosesor yang terlalu panas.


Tutup casing, dan Cpu siap untuk di instal dengan system yang kita kehendaki.

Demikian proses perakitan CPU. semoga bermanfaat bagi anda. 
Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 3:02 PM

0 comments:

Post a Comment

thanks for visit

VIVA