Find us on Google+

Pages

Monday, February 16, 2015

CARA MUDAH DAN CEPAT MERUBAH FILE WORD, EXCEL, DAN GAMBAR MENJADI PDF

File dengan tipe pdf dan tipe doc mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita yang sering mengoperasikan sebuah komputer. Terlebih lagi bagi kita yang memang bekerja dengan file-file tersebut. Seperti pada postingan saya sebelumnya yang menjelaskan tentang beberapa ekstension file beserta dengan aplikasi pembukanya, kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang cara mengkonversi, atau merubah fiel dengan exstensi .doc .xls serta .jpg ke file pdf.
Merubah file seperti ini biasanya sering dilakuakan seseorang untuk keperluan melamar kerja. Karena biasanya syarat-syarat melamar kerja harus melampirkan beberapa file yang terkadang isinya merupakan salah satu dari beberapa file yang saya sebutkan di atas. Langkah untuk merubah file  cukup mudah dan tidak terlalu banyak memakan waktu. Namun demikian besaran kapasitas file yang akan kita konversikan. Semakin besar file, tentunya akan semakin lama.

Nah mungkin kita mulai saja proses untuk merubah file tersebut.

Pertama yang kita perlukan yakni program nitro pdf. Program ini merupakan program pembuka dan juga perubah file menjadi pdf. Langsung saja kita buka program nitro pdf pada komputer anda. Dan tampilanya akan seperti gambar di bawah ini.


Langkah selanjutnya klik tanda panah pada tool bar pdf seperti yang di tunjuk dengan panah. Lalu pilih from file. Pada menu di atas ada beberapa pilihan seperti from scaner. Pilihan tersebut jika kita ingin membuat file pdf dengan scaner.


Selanjutnya kita klik add files untuk memilih file mana yang akan kita konversikan menjadi pdf. Di bagian bawah kita bisa melihat tulisan Make Pdf Files : pada pilihan tersebut kita bisa mengatur ukuran dan juga kualitas file tersebut. Dan pada bagian bawahnya merupakan pilihan untuk memilih tempat menyimpan file tersebut. Namun jika anda tidak mengatur keduanya maka file file penyimpanan hasil konversi sama dengan file aslinya. Dan kualitas filenya merupakan kualitas terbaik. Jika sudah menentukan pilihan kita bisa langsung klik Create.




Nb : kita bisa sekaligus menkonversikan beberapa file dengan berbagai macam tipe file seperti word, excel, maupun file gambar.

Tunggu beberapa saat sampai kotak dialog yang ada dilembar kerja nitro pdf hilang.



 Dan jika suda hilang, maka selanjutnya silahkan anda cek pada folder tempat anda menyompan hasil konversi tersebut. Jika anda tidak merubah tempat penyimpananya, maka biasanya akan muncul nama file yang sama namun dengan extensi atau tipe file yang berbeda seperti pada gambar dibawah ini


Jika sudah menemukan file pdf nya itu artinya proses konversi sudah selesai. Mudah bukan ? selamat mencoba, semoga berhasil.
Demikian tips dan trik kali ini, jangan segan untuk bertanya di kolom komentar yang kami sediakan. Sampai jumpa pada tulisan berikutnya
Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 4:26 PM

0 comments:

Post a Comment

thanks for visit

VIVA