Find us on Google+

Pages

Friday, November 28, 2014

MENGENAL DUNIA KOMPUTER

Istilah computer mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, khususnya bagi yang masih duduk di bangku sekolah atau perkuliahan. Kerana computer sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok penunjang aktifitas pendidikan. Mungkin akan disebut gaptek atau gagap tekhnologi bagi orang yang belum mengenal computer.

Sehubungan dengan hal itu, dirasa perlu untuk mengetahui computer serta segala pendukungnya. Sehingga tak sekedar bias untuk mengoperasikan, namun juga untuk mempermudah ketika terjadi sebuah kesalahan pada saat pengoperasian atau penggunaanya. Berikut saya jelaskan tentang computer dan segala komponen pendukungnya.
Elemen system computer terdiri dari 3 bagian :
1.      Hardware ( Perangkat keras) yakni perangkat fisik yan tampak, bias terlihat dan di jamah.
Dalam perkembanganya hingga saat ini, perangkat hardware terdiri dari beberapa bagian besar yakni :

i)       Perangkat input. Yakni perangkat yang digunakan untuk menginput atau memasukan data yang kita ingin kan. Contoh dari perangkat ini yaitu. Keyboard, Mouse, Scaner Dll.
ii)     Perangkat proses. Yakni perangkat yang berfungsi untuk mengolah data yang kita masukan, sehingga sesuai dengan yang kita inginkan. Perangkat ini biasa kita sebut dengan CPU (central prosesing unit)
iii)   Perangkat output. Yakni perangkat yang berfungsi sebagai media tampilan, atau menampulkan hasil dari input proses yang terjadi. Contoh dari perangkat output adalah Monitor/Lcd, Printer(pencetak), Dll
2.      Software ( Perangkat lunak) yakni perangkat non fisik yang tidak bias di jamah, seperti aplikasi-aplikasi
3.      Brainware manusia yang menggunakan atau mengoperasikan computer.

Demikian penjelasan singkat tentang komponen computer, serta komponen pendukung kinerja computer. Untuk materi berikutnya akan dijelaskan tentang masing-masing komponen. Semoga bermanfaat.
Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 12:53 PM

0 comments:

Post a Comment

thanks for visit

VIVA