Find us on Google+

Pages

Sunday, November 30, 2014

PERANGKAT CPU

Perangkat CPU

Pada pembahasan sebelumnya telah di jelaskan tentang Hardware input. Sekarang kita berlanjut pada Hardware CPU(Central Prosesing Unit). CPU merupakan perangkat yang mengplah semua data yang kita masukan menjadi nformasi yang bias kita gunakan untuk keperluan pekerjaan, atau keperluan yang lainya.

Dalam perangkat ini terdapat beberapa komponen yang menunjang kinerja CPU. Diantaranya adalah :

1.      Mainboard
Mainboard
Mainboard banyak disebut juga dengan Mother Board. Karena Mainboard merupakan papan inti dimana semua perangkat yang terdapat dalam cpu semuanya terhubung ke mainboard. Mainboard berfungsi sebagai pengatur dari semua arus lalu lintas data. Karena semua hardware terhubung pada mainboard. Di dalam mainboard juga perangkat input dan output computer dihubungkan. Dalam mainboard ini juga tersusun atau terdiri dari bebrapa bagian sebagai penunjang kinerja computer. Selain itu tipe dari mainboard juga berbeda-beda. Untuk pembahasan itu akan di perdalam pada bagian yang lain. Beberapa vendor atau pabrikan yang memproduksi mainboard diantaranya : ASUS, JETWAY, GYGABYTE, FOXCON dan masih banyak yang lainya.
2.      Processor

Prosesor AMD

Prosesor Intel
Prosesor sering disebut juga dengan otak computer. Karena prosesor bertugas untuk memproses semua perintah yang masuk melalui perangkat input. Dan nantinya ditampilkan oleh perangkat output. Prosesor yang berkembang saat ini di kuasai oleh dua vendor yang terkemuka yakni INTEL dan AMD. Namun di kalangan kita mungkin lebih mengenal prosesor yang bertipe Intel, karena Prosesor tipe tersebutlah yang sering kita temui di kehidupan kita sehari-hari.


3.      Power supply
Power Supply
Power supply adalah perangkat yang berfungsi untuk memberikan tenaga untuk semua perangkat yang lain. Beberapa Hardware memang memerlukan tenaga sebagai penopang kerja mereka. Besarnya daya yang dibutuhkan oleh Hardware tidak sama. Maka dari itu, power supply dibuat khusus untuk beberapa hardware. Dengan besaran listrik masing-masing. Kabel-kabel power supply terdiri dari beberapa warna. Warna-warna tersebut akan mewakili besarnya jumlah voltase keluaranya. Hal itu memudahkan kita jika terjadi kesalahan voltase pada system computer. Seiring dengan berkembangnya kebutuhan computer, power supply pun berkembang mengikuti berkembangnya kebutuhan tersebut, sehingga lahirnya beberapa jenis power supply, sesuai dengan spesifikasi hardware yang lain.
4.      RAM
RAM
RAM merupakan kepanjangan dari Random Acces Memory. RAM adalah media penyimpanan utama dalam sebuah system computer. Berfungsi untuk menyimpan aplikasi atau program-program yang sedang atau telah dijalankan oleh Procesor. Namun berbeda dengan media penyimpanan seperti Harddisk atau memory card. Penyimpanan dalam RAM hanya bersifat sementara saja. Jika aliran listrik dicabut dan perangkat tersebut, maka dengan demikian, aplikasi atau program yang tersimpan juga hilang dengan sendirinya. Untuk kita kita perlu media penyimpanan yang lain untuk menyimpan data dan juga program agar bias tersimpan. Dan tidak hilang jika aliran listrik padam.
Ada beberapa jenis dan juga kapasitas pada RAM dan yang berkembang saat ini sering disebut dengan DDR. Yang mempunyai kapasitas bervariasi mulai dari 128Mb dan kelipatanya.
5.      Hardisk
Harddisk
Hardisk merupakan perangkat keras yanbg berfungsi untuk menyimpan data-data serta aplikasi yang ada di dalam computer kita. Perangkat ini memungkin kan kita menyimpan secara permanen tanpa harus khawatir kehilangan data ketika listrik padam seperti yang terjadi pada RAM.
6.      Cd Rom
Perangkat ini berfungsi untuk membaca kepingan CD. Biasanya dalam system computer di gunakan sebagai media instalasi operating system atau aplikasi. Namun selain itu, CD Rom juga bias digunakan untul membaca file multimedia, seperti CD MP3 atau Film. Namun tentu harus didukung dengan aplikasi pemutar media yang disediakan oleh masing-masing operating system. Biasanya perangkat ini bersifat opsional saja. Karena jika tidak menggunakan CD Rom CPU masih bias berfungsi dengan baik.
CD ROM

Demikian sedikit penjelasan tentang perangkat CPU. Dimana semua aktifitas pengolahan data nekerja di dalamnya. Untuk penjelasan yang selanjutnya yakni tentang perangkat output.
Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 11:48 AM

0 comments:

Post a Comment

thanks for visit

VIVA