Find us on Google+

Pages

Wednesday, June 24, 2015

HIKMAH YANG BISA DIAMBIL DARI IBADAH PUASA DI BULAN RAMADHAN

Marhaban Yaa Ramadhan, , Marhaban Syahru Siyam. Tidak terasa kita telah bertemu kembali dengan Bulan Suci Ramadhan, bulan yang sangat dinantikan setiap Muslim diseluruh penjuru Dunia. Bulan yang penuh Berkah, penuh Rahmat serta Ampunan Allah SWT.

Pada Bulan Suci Ramadhan ini kita diperintahkan untuk berpuasa. Sebagaimana telah dituliskan dalam Al Qur’an Sura  Al Baqarah ayat 183. Yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu menjadi orang yang taqwa.

Menurut ayat di atas, perintah berpuasa hanya di tujukan kepada orang-orang yang beriman. Oleh karena itu  jika kita merasa beriman maka sudah sepatutnya kita melaksanakan puasa. Selain itu perintah puasa juga telah diperintahkan kepada umat-umat sebelum Nabi Muhamad SAW. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai oleh orang yang berpuasa adalah untuk menjadi orang yang Taqwa.

Ibadah puasa merupakan ibadah yang rahasia. Hanya Allah SWT dan dirinya sendiri yang mengetahui apakah dia berpuasa atau tidak. Bisa saja orang lain mengatakan puasa, padahal di lain tempat dia makan dan minum. Selain itu ibadah puasa merupakan ibadah yang Allah SWT sendiri yang akan memberikan pahalanya. Karena memang ibadah puasa memang ibadah yang istimewa.

Banyak hikmah yang bisa kita petik dari ibadah puasa ini. Salah satunya yakni memupuk rasa Empati kita terhadap Fakir Miskin. Dengan berpuasa kita bisa merasakan penderitaan fakir miskin yang kekurangan sehingga mereka tidak bisa makan. Atau untuk  hanya kadang-kadang saja makan. Nah dengan puasa ini diharapkan kita mempunyai empati dan rasa kasih sayang. Sehingga kita tidak ragu untuk memberikan sedikit harta kita untuk menyantuni mereka.

Selain itu berpuasa juga menjadi sarana bagi umat islam untuk belajar mengontrol keinginan nafsu kita. Kita belajar untuk tidak selalu menuruti keinginan kita. Belajar untuk menahan hawa nafsu kita agar menjadi lebih sabar dan tenang menjalani setiap masalah dalam kehidupan.

Dan masih banyak lagi hikmah yang bisa kita ambil pada ibadah puasa. Semoga kita termasuk dalam orang-orang yang bertaqwa yang puasa kita diterima oleh Allah SWT. Semoga dengan ibadah puasa kita menjadikan kita insan yang lebih baik dari masa sebelumnya.
Nasrulloh Ibnutora , Updated at: 2:31 PM

0 comments:

Post a Comment

thanks for visit

VIVA